Pendidikan Karakter Dengan Metode Keteladanan

Pendidikan Karakter Dengan Metode Keteladanan

Metode keteladanan dalam pendidikan karakter adalah memberikan contoh kepada peserta didik untuk membentuk karakter yang baik "Diri anda lebih penting daripada pengetahuan anda". Kita semua sudah pernah mendengar pepatah,”Kami butuh bukti bukan janji”,Tindakan berbicara lebih keras daripada kata-kata,” dan “Praktikkan apa yang kau khutbahkan.”Semuanya mengacu pada keteladanan (modeling). Peserta didik sering mencari-cari alasan untuk tidak tertarik: lubang-lubang dalam cerita kita, kontradiksi, ketidaksesuaian antara kata-kata dan tindakan kita. Tetapi semakin banyak kita memberi teladan, semakin mereka tertarik dan mulai mencontoh kita.
Mengapa mereka tertarik
Karena mereka merasakan keselarasan, kecocokan antara keyakinan dan perkataan kita dengan perbuatan kita. Jadi,memberi teladan adalah salah satu cara ampuh untuk membangun hubungan dan memahami orang lain. Ini juga berarti Anda tak usah terlalu bersusah payah,tetapi dampak untuk peserta didik tetap lebih kuat.
Pendidikan Karakter Keteladanan | Metode Pendidikan Keteladanan

 Keteladanan akan menambah kekuatan ke dalam pengajaran Anda.

Metode Keteladanan untuk penndidikan Karakter Lakukan setiap langkah Anda bisa memberi keteladanan yang baik dan dilakukan secara sadar, masukkan kedalam konsep langkah-langkah sbb:
1.    Teladankan komunikasi yang jelas
2.    Senyumlah
3.    Memberikan stimulus motivasi pada peserta didik
4.    Jadilah pendengar yang baik
5.    Ungkapkan pikiran mereka dengan kata-kata Anda sendiri
6.    Akui setiap usaha
7.    Keluarlah dari zona nyaman Anda secara teratur dan beri tahu mereka bahwa Anda sedang melakukan  hal tersebut
8.    Nyatakan kembali situasi negatif untuk menemukan hal-hal positif di dalamnya.

Metode Pengajaran Karakter Keteladanan Kepada Peserta didik

Anda harus mampu memberi kegairahan, kesenangan dan kegembiraan dalam suasana yang nyaman dan mendukung.Dimana Anda tidak hanya peduli,tetapi terlibat dalam kesuksesan peserta didik Anda.Semua butuh proses untuk bisa terus memperbaiki kualitas diri,tapi kalau tidak memulainya sekarang dari diri Anda.Pendidikan karakter tidak akan terealisasikan dengan baik kepada peserta didik.
Sebuah karya baik selalu ada pembajak
Itu tanda hilangnya rasa percayadiri
Kalau ingin menjadi orang bijak
Terus berusaha perbaiki diri

0 Response to "Pendidikan Karakter Dengan Metode Keteladanan"

Post a Comment