Pengertian Psikologi Menurut Para pakar dan ahli dari berbagai Sumber

Pengertian Psikologi, Sebelum membahas tentang teori-teori psikologi menurut para ahli saya akan membahas tentang pengertian dari psikologi itu sendiri. Psikologi berasal dari bahasa Yunani dari kata –kata “psyche” yang artinya jiwa, roh, sukma, atma, atau napas hidup dan “logos”  yang artinya ilmu atau studi. Jadi secara etimologis, psikologi berarti ilmu jiwa atau suatu studi tentang jiwa, tentang roh, tentang atma,, sukma, atau tentang napas hidup. Untuk jangka waktu cukup lama, terutama ketika psikologi masih merupakan bagian atau cabang dari filsafat psikologi diartikan serperti itu.
Pengertian Psikologi Menurut Para pakar dan ahli dari berbagai Sumber

Para ahli psikologi modern dewasa ini, tidak lagi mengartikan psikologi sebagai ilmu pengetahuan tentang jiwa (roh). Sebab apa yang dimaksud dengan jiwa atau roh itu, tidak ada seorangpun yang tahu dengan sesungguhnya. Jiwa adalah sangat abstrak dan tidak dapat dilihat dengan panca indra. Firman Allah Swt QS. Al- Isra : 85

85. Dan mereka bertanya kepadamu tentang roh. Katakanlah: "Roh itu Termasuk urusan Tuhan-ku, dan tidaklah kamu diberi pengetahuan melainkan sedikit".
Ayat tersebut bukan berarti menutup kemungkinan untuk mengkaji tentang “jiwa”, akan tetapi menyatakan bahwa kemungkinan pengkajian secara menyeluruh kelihatannya sangat tipis.

Pengertian Psikologi Menurut Para Ahli

Pengertian Psikologi Menurut Woodwort dan Marquis memberikan definisi : Psychology is the scientific studies of the indivudual activities relation to the environment” (psikologi adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang aktivitas atau tingkah laku individu dalam hubungan dengan alam sekitarnya).
Pengertian Psikologi Menurut Mussen dan Rosenzwieg dalam Usman Efendi memberikan definisi bahwa psikologi diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang “mind” ((pikiran) atau the study of mind, tapi dalam perkembangannya, kata mind berubah menjadi ‘bihavior’ (tingkah laku) sehingga psikologi didefinisikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang tingkah laku manusia.
Pengertian Psikologi Menurut Wundt, Psikologi merupakan ilmu pengetahuan kesadaran manusia (the sience of human consciousness). Para ahli psikologi akan mempelajari proses-proses elementer dari kesadaran manusia itu. Dari batasan ini dapat dikemukakan bahwa keadaan jiwa direfleksikan dalam kesadaran manusia. Unsur kesadaran merupakan hal yang dipelajari dalam psikologi
Dapat disimpulkan bahwa psikologi adalah ilmu pengetahuan (sience) yang meneliti tingkah laku atau kegiatan manusia dalam hubungan dengan lingkungannya.

Macam-Macam Tingkah Laku Manusia

Kegiatan Motoris (Motoric Activity)
Kegiatan motoris meliputi kegiatan individu yang dinyatakan dalam gerakan-gerakan atau perbuatan-perbuatan, misalnya makan,minum, berjalan, lari, dan laun sebagainya. Kegiatan-kegiatan motoris ini pada umumnya dapat dilihat dengan segera karena nampak (terbuka). Kegiatan ini ada yang disadari dan ada yang tidak disadari. Yang disadari karena ada perintah dari pusat susunan saraf atau otak, sedangkan yang tidak disadari tidak ada perintah dari pusat susunan urat saraf otak. Kegiatan ini merupakan kegiatan refleks.
Kegiatan Kognitif (Cognitive activity)
Kegiatan ini merupakan kegiatan individu yang berhubungan dengan pengalaman, pemahaman, penalaran, serta penyadaran tentang dunia luar, tentang lingkungan sekitarnya. Misalnya : mengindera, mengamati, berfikir, menghafal, melihat, belajar memecahkan masalah, dsb.
Kegiatan Konatif (Conative activity)
Kegiatan konatif adalah kegiatan-kegiatan yang berkenaan dengan motif atau dorongan-dorongan individu untuk mencapai suatau tujuan. Misalnya: harapan, kehendak, cita-cita, motif, dll. Kegiatan konatif ini merupakan kegiatan yang tertutup (inner activity). Oleh karena itu sering kali nampak ke luar.
Kegiatan Affektif (affektive activity)
Kegiatan affektif adalah kegiatan yang memanifestasikan penghayatan sesuatu emosi atau perasaan tertentu. Misalnya : sedih, cinta, marah, benci, gembira, takut, mengagumi, simpati, empati dsb.
Sekian merupakan pembuka dari pembahasan teori-teori psikologi dengan pembahasan awal tentang pengertian psikologi. Semoga bisa terus melanjutkan tulisan-tulisan berikutnya dan bisa bermanfaat bagi para pembaca.

0 Response to "Pengertian Psikologi Menurut Para pakar dan ahli dari berbagai Sumber"

Post a Comment