Kecerdasan Plus Karakter

Dengan pendidikan karakter, seorang anak akan cerdas emosinya.Kecerdasan emosi adalah bekal terpenting dalam mempersiapkan anak menyongsong masa depan,karena dengannya seseorang akan dapat berhasil dalam menghadapi segal tantangan untuk berhasil secara akademis.
   
Sebuah buku berjudul Emotional Intelligence and School Succes (Joseph Zins,et.al,2001) merangkum beberapa hasil penelitian tentang pengaruh kecerdasan emosi anak terhadap keberhasilan di sekolah. Dikatakan bahwa  ada sederet faktor-faktor resiko penyebab kegagalan anak di sekolah.Faktor-faktor resiko yang disebutkan ternyata bukan terletak pada kecerdasan otak, tetapi pada karakter, yaitu percaya diri, kemampuan bekerja sama,kemampuan bergaul,kemampuan berkonsentrasi,rasa empati,dan kemampuan berkomunikasi.Hal ini sesuai dengan pendapat Daniel Goleman tentang keberhasilan seseorang di masyarakat,ternyata 80 persen dipengaruhi kecerdasan emosi,dan hanya 20 persen ditentukan oleh kecerdasan otak (IQ).
Kecerdasan Plus Karakter
   
 Anak-anak yang mempunyai masalah dalam kecerdasan emosinya, akan mengalami kesulitan belajar,bergaul,dan tidak dapat mengontrol emosinya maka dari itu pentingnya sebuah pendidikan karakter. Anak-anak yang bermasalah ini sudah dapat dilihat sejak usia pra-sekolah,dan kalau tidak ditangani akan terbawa sampai usia dewasa.Sebaliknya para remaja yang berkarakter atau mempunyai kecerdasan emosi akan terhindar dari masalah-masalah umum yang dihadapi oleh remaja seperti kenakalan,tawuran,narkoba,miras,perilaku seks bebas dan sebagainya.
  
  Sebenarnya,yang membuat anak gagal adalah penghalang-penghalang negatif tentang anak  yang diciptakan oleh kita sendiri sebagai orangtua.padahal, jika kita mampu merobohkan penghalang negatif itu, anak akan menjadi bintang yang bersinar terang.Anak adalah amanah dari Allah Swt. Dan kita sudah terpilih menjadi orangtuanya.Tugas kita sebenarnya sederhana,yaitu menerima dengan ikhlas dan mendidiknya dengan berbagai cara.Bak bintang,sampai sinarnya menerangi dunia,atau minimal manjadi pelita untuk sepetak ruang yang gelap di rumah kita.
 
   Akhirnya saya sangat menyakini bahwa setiap anak dilahirkan dari rahim ibunya,bagaimanapun kondisinya, adalah masterpiece.Karya Agung Tuhannya.Allah tidk akan pernah membuat produk-produk yang gagal karena Allah tidak pernah gagal.Hanya orangtualah yang diberi amanah terhadap karya agung ini harus bersyukur atas kesempatan untuk mendapatkan anugrah besar dan pengalaman berharga dalam cara mendidik anak.Dengan cara mendahulukan atau mementingkan kualitas kecerdasan emosinya.

0 Response to "Kecerdasan Plus Karakter"

Post a Comment